Selasa, 05 Januari 2010

-Sungai Langit-

Tadi sehabis subuh, nangkring lagi di loteng. Nungguin matahari terbit sambil ngamatin bintang. –ngayal kalo jadi astronot-. Sudah gitu, lagi asyik-asyik mandangin itu bintang, saya baru sadar. Ada pemandangan yang hilang di langitku, ada yang gak keliatan ternyata dari atap rumahku. Biasanya saya menamakannya sungai langit. Gak tau dulu dapet nama itu darimana, tapi waktu masih di kota Magetan dulu, saya dan seorang sahabat sangat sering mandangin itu sungai dari kebon depan rumah.

Biasanya nggelar tiker atau nggotong kursi santai terus nyiapin cemilan dan ngobrol ngalor ngidul sambil mandangin bintang. Saya dan dia cocok banget kalo ngomongin hal yang satu ini, maklum sama- sama fans berat langit malam. Sambil membayangkan, kalo sinar yang kami lihat saat itu, -sekarang- adalah sinar yang dipancarkan berpuluh tahun cahaya jaraknya. Jadi itu cahaya adalah cahaya yang keliatan bertahun tahun yang lalu, dan baru sekarang bisa keliatan mata kita.

Ceritanya, terus saya pingin coba cari di internet, gambar dari sungai langit itu.. tapi ternyata, saya gak dapet. Maklum, saya juga gak tau bahasa inggrisnya, jadi gak tau kata kuncinya apa buat nyari dalam bahasa inggris. Tapi ya, namanya juga Alvina, gak akan berhenti sampe dapet yang dimauin. Akhirnya browsing setengah jam, terus dapet –kayaknya-, kata kuncinya.. cluster..

Sesuai dengan sumber yang saya peroleh : mbah wikipedia.. cluster itu adalah kumpulan bintang. Sedikit banyak mirip dengan maksud saya, yang sungai langit itu. Yaitu kumpulan bintang yang jumlahnya saya yakin ratusan.. berbaris dan memenuhi suatu jalur seperti sungai. Makanya waktu dulu dapet nama sungai langit, saya cocok aja make itu istilah sampai sekarang. Cumaaa... saya juga gak yakin, beneran cluster bukan itu yang saya maksud. Sebenernya mau nanya sama temen- temen di Solo, cumaaa lagi... saya juga gak yakin, mereka pernah lihat itu sungai langit apa nggak gitu.

Ada yang bisa bantuin saya nyari kata kuncinya gak ya, biar dapet itu sungai langit..
-Sungai bintang di langit-
Maksudnya..

-Solo-
Masih digenteng waktu nulis ini note..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar