Jumat, 29 Januari 2010

STIRER DAN GEL

Semenjak kemarin, sebenarnya saya sudah punya firasat gak enak tentang hasil sintesis saya dan partner. Kenapa? Soalnya dari tenggat waktu yang diperhitungkan, seharusnya hari ini saya sudah bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu penetralan dan pengeringan. Tappiiii.. Usut punya usut, hasil sintesa saya sama sekali belum menampakkan perubahan yang signifikan sejak di stirer hari selasa kemarin. Masih berbentuk larutan, padahal seharusnya, kalo benar menurut prediksi dan pengalaman para tetua, 3 hari sudah cukup untuk mengubah larutan itu menjadi bentuk gel.

Huu.. anyel.. Tau kenapa? Okelah.. mungkin waktu mencampurkan larutan, masih ada yang kurang tepat metodenya, tapi setidaknya pengaruh mati lampu juga memberikan kontribusi terhadap kebelumjadian hasil sintesis kami. Oohh. Iya, mati lampu. Saya juga tidak tahu harus mengeluh kepada siapa, karena saya juga tidak tahu yang mana yang harus dikeluhkan.

Entah karena mati lampu mendadak yang mungkin memang tidak direncanakan atau diperkirakan oleh pihak berwajib, atau karena genset yang tidak dinyalakan hanya karena hari ini adalah hari jumat sore (dimana pada umumnya udah kagak ada kegiatan lagi di kampus apalagi kuliah juga udah libur), atau karena laboratorium yang masih belum mampu mempunyai genset sendiri.

Alhasil, akhirnya saya menemukan hal yang tidak mengenakkan dari ngelab TA. Dulu kalau praktikum, biasanya mati lampu mah pada seneng.. artinya pulang lebih awal, dan praktikum ditiadakan atau diundur. Tapi begitu udah masuk Lab atas nama TA, waah.. mati lampu menjadi derita tersendiri, saudara-saudara. Apalagi kalo tengah melakukan sesuatu yang sangat membutuhkan arus listrik, dan ternyata berpengaruh sekali terhadap percobaan kita saat itu.

Akhirnya, larutan saya yang masih belum bermetamorfosis menjadi gel itu, saya bawa pulang. Saya stirer di rumah. Dengan harapan semoga tidak terganggu dengan peristiwa mati lampu mendadak, dan bisa cepat bermetamorfosis sehingga bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya..


-Solo-
Stirer itu butuh berapa watt ya? ^^”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar