Minggu, 01 November 2009

-baca..baca..baca..-

Kemaren saya mbaca catetannya teh Pipit Senja, yang isinya tentang kebiasaan beliau yang dari dulu suka membaca. Jadi keinget masa kecil, kayaknya emang deh, kebiasaan Bunda yang satu ini nurun ke aku. Sejak kecil, saya sudah terbiasa membaca, apa saja saya baca. Mulai dari buku, majalah, Koran, brosur, tulisan di film di tv, tulisan di brosur obat, resep masakan..saya memang sedari kecil sudah termasuk anak yang suka membaca. Biasanya orang tua dulu membiarkan saya berlangganan 2 majalah sekaligus, BO** dan HOPLA*, Kadang kadang diselingi majalah ANAN** juga.

Kalo udah deket pembagian raport, biasanya kalo dapet juara di kelas, hadiahnya buku komik, SAILORM**N ato DORA***N. hehehh, dan kebiasaan membaca ini terbawa sampai saya masuk kelas 5-6 SD di rumah Nenek di Bekasi. Berbekal promosi seorang sahabat, saya memulai lagi kebiasaan itu, tapi kali ini saya harus nyewa di rental buku. Isinya biasanya GOOS**UMP, Kadang juga minjem ama temen yang punya koleksi buku bginian. Atau kadang juga dipinjemin komik detektif CON** Atau KINDAI***. Kadang juga kalo main ke rumah sodara di Jakarta, saya minjem KUNGF***Y. Pokoknya kalo itu buku sudah saya pegang, biasanya langsung saya embat baca atau di bawa pulang. Hehehh.

Waktu SMP, Saya pindah ke desa terpencil yang jauuh dari kota..hiks, sedih, jadi bisanya Cuma beli majalah doank sebulan sekali. Ato nitip temen yang sekolahnya di kota sana, hehehh.. Sampe terdengar kabar, ternyata di desa saya itu sendiri ada yang suka koleksi buku, coba aja ke sana buat dipinjem gitu kata si Mbah saya. Dan setelah ke sana, saya boleh minjem, alias nyewa gitu..^^ senangyaaa…

SMA, laen lagi. Di sebelah sekolah, ada rental buku cerita, novel gitu deh. Hmm..semenjak tau ada rental novel, saya jadi sering banget mampir ke sana (buat nyewa tentunyaaa) , sampai semua novel islami selese saya baca, terus gak niat baca yang lain to, ya udah gak pernah ke sana lagi deh terusan.. Kadang dipinjemin temen satu sekolah, satu kelas, satu bangku bahkan. Hehehh

Semenjak kuliah, Alhamdulillah ada peningkatan readaholic-nya..^^. Biasanya tiap sebulan sekali ada satu buku baru yang..dibaca, kadang ada rejeki ya beli terus di pinjemin ke temen di kampus. Kadang kalo lagi bokek banget ya beli koran doank buat di baca, kadang ke rental..sampai hampir semua buku-buku ”berat” (kata mbak penjaga rentalnya) sudah saya baca juga. Heheh, saya masih sangaat suka baca, semoga kebiasaan ini nurun juga sama si Kecil. Yang mulai kemaren-kmaren udah seneng banget liat buku,bolak balik halamannya dan koleksi bukunya di rumah juga udah mulai banyak. Semoga nular juga sama temen-temen di kampus, hehehh.. Walau saya gak bisa ngasih dopping buku terus buat kalian..^^.

Tapi sayang..gak bisa sering-sering baca buku kuliah euy..^^”, udah gitu juga masih belum bisa jadi penulis cerita yang baik..baru bisa cerita doank, belum pintar mengarang cerita..Yaa, semoga kedepannya bisa jadi penulis yang lebih baik, dan pembaca yang lebih baik juga..

Begitulah kebiasaan saya ini, bagi saya, buku adalah tempat rehat yang pas kalo lagi suntuk di kelas, lagi ngerjain proposal ga selese selese, ngerjain laporan capek, nyiapin kuis, dsb lah.. Lewat Membaca saya kenal dunia, saya belajar dari membaca, saya bermimpi dari membaca.. Dan kemudian saya menyadari, Tuhan menganugerahkan kedua mata dan pikiran, salah satu tujuannya untuk kita agar dapat membaca juga tentunya..^^


-Solo-
”Hanya bahasa yang melindungi kita dari ketakutan akan benda-benda tak bernama”
-Toni Morrison-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar