Kamis, 27 Mei 2010

bulan 26 mei 2010


Semalam sekitar pukul 21.30, seorang teman mengirim pesan singkat yang masuk ke ponsel saya. Isinya sangat singkat, ”liat bulan” katanya. Dalam hati sih senewen juga, abis hujan deras dan saat itu juga lagi mau nemenin si Oryz tidur, lha kok malah suruh ngliatin bulan. Tapi karena penasaran, saya naik juga ke genteng, dan Subhanallah, langit malam itu memang baguuus sekali. Bulannya bulat sempurna dan terlebih lagi ada halo di sekililingnya. Anda tahu halo? Hmm, kalo saya mengarrtikannya kaya lingkaran putih yang biasa digambarkan untuk menandai orang suci atau malaikat. (bener gak ya?)


Sebenarnya mau saya poto, tapi karena resolusi kamera ponsel saya kurang baik, dan kamera digital saya juga sedang tamasya ke Bogor, alhasil saya cuma bisa mandangin itu bulan, dan bertekad nyari keterangannya di internet keesokan paginya. Ternyata, karena saya juga bingung nyarinya apa, nggak ketemu. (Maklum, kata kuncinya juga belum dapet). Selang setengah jam utak utik alias mikir, saya coba ketikan moon halo, dan tadaaa... Keluar banyak sekali, plus gambarnya, yang memang mirip dengan kejadian semalam itu.


Sebenarnya apa yang terjadi dengan bulan? Halo ini terlihat cukup umum terjadi ketika awan cirrus tipis yang tinggi mengandung jutaan kristal es yang menutupi sebagian kecil langit. Setiap kristal es bertindak seperti sebuah lensa mini. Karena sebagian besar memiliki bentuk kristal heksagonal yang sama memanjang, cahaya yang masuk satu sisi kristal dan keluar melalui sisi yang berlawanan dengan refracts 22 derajat, yang sesuai dengan jari-jari Halo Bulan. Dan ternyata, matahari juga bisa mengalami kejadian yang sama, hanya saja Halo Matahari terlihatnya di siang hari.


Dan folklore menceritakan, bahwa biasanya setelah terlihat halo bulan, maka pertanda akan ada cuaca buruk yang akan tiba, dalam beberapa kasus memang benar terjadi. Untuk alasannya, mungkin dikarenakan awan cirrus tipis yang tinggi menandakan akan datangnya sistem bertekanan rendah di udara, yang mungkin bisa mengindikasikan akan datangnya hujan disertai angin atau bahkan badai.


Yaa, hanya prediksi, untuk berjaga-jaga saja, agar kita waspada..Seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan...^^



-Solo-
*it’s amazing



sumber :
http://apod.nasa.gov/apod/ap081207.html
http://scienceray.com/index.php/index.php/index.php/index.php/index.php/astronomy/lunar-halo-ring-around-the-moon/
http://weatherblog.abc13.com/night_sky/page/2/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar