Rabu, 10 Juli 2024

Aku dan Cerebritis (1)


 


Dua minggu akhir ini membuat saya kepikiran. Dulu sebelum kena episode vertigo yang udah kek apa rasanya, hidup saya berkutat dari rutinitas. Jam sekian sekian saya harus udah ini, itu, padahal mah IRT aja seputaran rumah doank mobilenya. 

Pagi setelah subuh nyiapin sarapan, bekal, belanja. Setelah anak-anak sekolah, saya masak, beberes rumah, pokoknya dzuhur harus sudah selesai (titik), yang terus menerus saya tekankan saat itu. Jadi nanti abis sholat bisa tiduran sebentar lalu siap jemput sekolah dan berkutat ke perihal kecil printilan lainnya

Sore setelah semua anak pulang, saya jg masih ga jauh jauh dari rutinitas. Mandi, sholat, nyiapin makan malam, ngecekin tugas/ulangan, ngaji daaan seabrek list sampai jam 21.30 waktunya tidur malam.

Saat itu saya dengan sombongnya berpikir, istirahat saya cukup kok, makan juga ya meski sebisanya kemampuan masak tetep saya usahakan ada sayur protein dkk. 


Begitu Allah nyentil dikiiit aja dengan meriang, saya mulai KO. Tp emang emak emak tuh keknya kepalanya kebanyakan dari batu ya. Saya masih maksain diri jemput sekolah si kakak, ya sambil usaha minum obat lah ya. Tp tetep aja aslinya mulai cemas aduh semua printilan rumah gimana ini handlenya. 

Stok belanja saya seminggu di kulkas kapan  masaknya. Dsb dsb.

Sampai kamis bener bener drop itu, saya masih belajar ama ikhlas. Baru kali itu saya ngerasain vertigo yang luar biasa. Sholat magrib aja udah ngga bisa berdiri karena langsung jatuh. Bener-bener jatuh sampai akhirnya sholat magrib sendiri padahal biasanya sama si kakak. 

Habis magrib langsung dibawa ke UGD dr. Oen, di mobil juga udah merem aja bawaannya karena udah muter semua kalau buka mata. Di sana diinjeksi obat terus dapat obat lagi buat dibawa pulang. Mau pulang juga masih didorong di brankar sampai ke pintu mobil. 

Di rumah udah ngga berani naik ke atas, milih tidur di kamar bawah yang ada kamar mandi dalamnya. Tiduran juga masih berasa mau muntah karena belum makan dari siang. Mau makan juga bawaannya muntah, serba ga bener pokoknya. 

Paginya dibawa ke klinik kakak ipar, sepanjang jalan merem aja bawaannya. Di sana diinjeksi lagi tapi masih belum berani melek. Muter muternya berkurang tapi masih muntah muntah meski ga ada yang dimuntahin. Akhirnya dibawa ke RS PKU. 

8 hari opname, sekali CT Scan, 2 kali rontgen, dan 1 kali eco didampingi 1 dokter saraf, 1 dokter penyakit dalam dan 1 dokter jantung, akhirnya saya boleh pulang sambil berobat jalan. Dokter bilang saya kena cerebritis, abses otak karena bakteri. Di RS saya digelontor antibiotik lewat infus tiap 8 jam setiap hari, di rumah dilanjut dengan antibiotik oral setiap 8 jam sampai pertengahan Mei.

Akibatnya jelas saya ngga bisa lagi handle antar jemput anak-anak. Masak juga belum bisa, kepala saya masih terasa berat dan pusing jika beraktivitas banyak. Saya lebih banyak tiduran dan membiarkan suami dan anak anak yang handle pekerjaan rumah. Pemulihannya memang tidak bisa langsung. Dua bulan setelah serangan vertigo, saya masih belum bisa berjalan dengan tegak. Setiap berjalan, saya berasa berada di dalam gerbong kereta yang bergoyang jadi saya butuh pegangan atau jalan pelan-pelan. 

Tidur pun begitu, saya harus tidur telentang karena kalau miring, saya merasa dinding yang saya lihat seakan bergoyang. Saya mencoba mencari pengalaman cerebritis ini di media daring tapi ngga banyak yang saya temukan. Malah cuman satu, itupun dari tahun 2000an dan dari situs luar negeri. Pengalaman yang dia rasakan juga mirip dengan saya, bedanya kepalanya harus dibor untuk membersihkan abses di otak.

Sama-sama merasa capek setelah beraktivitas ringan, tidak bisa makan dengan porsi banyak (padahal saya sering makan dengan porsi kuli), juga kekhawatiran lain yang ia rasakan juga saya rasakan. Apakah saya bisa berkendara lagi, beraktivitas normal lagi dan yang paling penting apakah saya bisa berpergian sendiri lagi. Padahal awal Juni saya dijadwalkan berangkat haji bersama suami. Apakah saya mampu? Pertanyaan itu terus menghantui saya berminggu minggu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar