Minggu, 12 Januari 2020

Menginap di Ayom Java Village

Sebenernya udah kali keempat menginap di Ayom Java ini, tapi dasarnya emang males nulis, alhasil baru ada semangat buat reviewnya sekarang. Ayom Java ini beralamatkan di Jl. Gajahan no 8, Colomadu, Karanganyar



Manik Jejantung Room


Saya tahu tentang villa ini dari postingan seorang teman di instagram, begitu melihat private poolnya, wah langsunglah saya tergoda untuk mencari waktu luang dan menginap barang sehari. Toh masih seputaran Solo ini, sudah lama juga ngga staycation bareng anak-anak, pikir saya.




Jadi begitulah, pilih pilih kamar, booking, lalu di hari H dengan mengandalkan google maps, saya dan bocah meluncur ke sana.

Dari rumah cuma butuh sekitar 20 menit, kami disambut satpam dan dibantu untuk menurunkan barang dan dibantu untuk parkir. Kelak di kali berikutnya mereka menyediakan jasa valet, dan saya yang bawa bocah mah jelas langsung ngiyain aja. Tinggal turun ama anak anak masuk ke ruang resepsionis untuk proses check in.

Proses check in selama beberapa kunjungan ini juga beragam.

Sementara menunggu kamar siap, ruang resepsionis ini tidak terbuka seperti umumnya. Bentuknya tertutup seperti akuarium dengan jendela jendela kaca di dua sisinya. Sambil nunggu kita bakal disuguhi cokelat dan teh rosella sebagai welcome drink. Untuk lama waktu nunggunya sih ya tergantung kamarnya ready atau ngga ya, paling lama sih saya nunggu sampai 30 menit buat bisa masuk kamar.

Kali pertama saya menginap di kamar Manik Jejantung, ini room yang paling besar. Terdiri dari kamar, private pool dan gazebo tempat bersantai. Di gazebo ini ada set peralatan makan, microwave, kompor listrik dan kitchen sink.

Kamar di jejantung lebih luas dengan satu king bed size, satu sofa santai dan satu sofa tidur. Dilengkapi televisi, wifi, pendingin ruangan, dan kulkas (yg isinya all free buat kita kudap). Ada dua stoples makanan ringan juga di manik saat saya terakhir menginap di sana. Sebelumnya sih belum ada.

Kamar mandinya terbuka tapi tetap private donk ya, ada bathtub, shower, dua wastafel, toilet duduk. Bathtubnya lebaar, puas bener berendem di sini.

Gelung Room


Untuk kamar berikutnya yg pernah saya book, adalah Gelung room. Mirip Manik, tetapi ukuran Gelung lebih kecil dan tanpa Gazebo. Di kamar juga hanya ada satu kasur tanpa tambahan sofa. Ukuran kamar mandinya juga lebih kecil.

Selain terdiri dari berbagai room, Ayom Java juga memiliki Maduswara Villa, yang berukuran paling besar dan bisa digunakan oleh keluarga besar. Sekali, keluarga ipar saya menginap di sini dan saya berkesempatan mengintip isinya.

Maduswara terdiri dari tiga kamar terpisah dengan satu kolam renang utama. Kolam renang ini, sayangnya, tidak seperti kolam kolam di private room lainnya karena tak ada landasan lebar dan lebih dangkal untuk anak anak bermain. Sehingga jika membawa anak kecil berenang di kolam Maduswara, harus ekstra hati hati karena kita harus terus memegangi dan mengawasi. Di Maduswara ada gazebo yang luas dengan banyak kursi untuk duduk dan bersantai, terdapat tempat bilas juga setelah mandi dan ada hall terbuka di bagian atas villa.

Salah satu sudut Ayom
 saat malam


Ayom Java mengusung sustainable environment sehingga terlihat dari keseluruhan arsitektur bangunannya sebagian besar terbuka atau didominasi jendela yang besar besar ukurannya. Sebagai penangkal serangga, mereka menanam sereh di sekeliling kamar dan terdapat kolam koi di pinggiran kamar dan sekitar hotel untuk menghindari jentikan nyamuk dari air tergenang.

Untuk menu makanannya, banyak variasinya mulai dari jajanan lokal sampai ala western. Rasanya standar lah ya, saya rekomendasiin nasi goreng kampung ajavi. Ehe ehe. Etapi saya mah bisa jadi bias, maklum, doyannya nasgor kalau ke mana mana. Keunikan lainnya adalah adanya mbok mbok jamu gendong yang tiap jam 4 sore keliling kamar menawarkan jamu dan jajan pasar, gratis. Iya gratis! Etapi terbatas ya jumlah jajan pasar yang bisa diambil, satu kamar hanya diperbolehkan mengambil tiga macam.

Nasi goreng af \o/


Secara keseluruhan saya puas sih menginap di sini, anak anak juga suka terutama karena ada private poolnya. Mereka bisa berenang sore, malem, pagi ampe ngga mau pulang saking nyamannya. Kakak juga ketagihan nyobain treatment di Ayun Wellness and Spa, mulai dari massage, facial, ampe menipedi. Eits saya juga sempat nyoba feet massage lho, dan bisa dipanggil ke kamar, Jadi bisa sambil ngawasin si kecil main.

Meski menurut saya penerangan di seputaran hotelnya agak agak sendu tur gelap gitu, saya nyaman nyaman aja sih. Paling pake senter hape kalau emang khawatir kurang terang. Selain itu karena banyak pepohonan dan tanam tanaman di kamar, ada baiknya sering sering nyemprotin bug spray ke tangan dan kaki pake bug spray yang disediakan mereka. Lumayan manjur menangkis nyamuk terutama saat tidur atau bersantai di teras.

Secara keseluruhan sih saya rekomendasi banget buat nginep di sini entah buat staycation atau untuk liburan beberapa hari. Private poolnya itu tuh yang juara. \o/





Tidak ada komentar:

Posting Komentar