Kamis, 31 Maret 2011

Scheherazade dan Arrabian nights

Kemarin nonton Leverage Season 3. Didalemnya ada musik indah yang judulnya Scheherazade. Saking penasarannya, saya coba cari di internet kisah tentang 1001 malam yang melegenda ini. Dan ketemu. :D Saya ceritain ya...


Alkisah, Raja Persia yang bernama Pangeran Shahrayar mendapati istri pertamanya berselingkuh di belakangnya. Hal ini sangat menyakitkan dan membuatnya menjadi pangeran jahat dan melakukan balas dendam. Sang istri dibunuh. Selain itu balas dendam berikutnya adalah, dia menikahi seorang wanita yang masih perawan setiap malam dan esok paginya, memenggal kepala si pengantin perempuan. Pembunuhan wanita-wanita muda ini berlangsung selama 3 tahun. Hingga suatu ketika, Scheherazade, wanita muda, pintar dan berbakat memutuskan untuk menikahi sang pangeran dengan maksud untuk mengubah sifat jahatnya.

Scheherazade adalah anak perempuan dari penasihat Pangeran Shahrayar. Namanya yang indah memiliki arti: daughter of the city. Tentu saja ayahnya keberatan mengetahui niat putrinya hendak menikahi sang pangeran yang terkenal jahat karena membunuh setiap wanita yang menjadi istrinya. Namun Scheherazade berkeras ingin menikahi sang pangeran, karena ingin mengubah sifatnya. Apabila dia bisa mengubah sifat pangeran, hidupnya akan selamat, namun apabila tujuannya gagal, maka nasibnya akan sama dengan wanita lainnya, menemui ajal.

Pada malam pernikahan mereka, Scheherazade menuturkan kisah dongeng yang sangat menarik perhatian Pangeran Shahrayar, dongeng itu penuh dengan kisah petualangan, humor, romantis, terkadang kisah menegangkan. Dongeng itu dituturkan oleh Scheherazade dengan bahasa yang indah dan memukau. Namun tiap menjelang matahari terbit, Scheherazade menghentikan dongengnya tepat di suatu titik yang membuat penasaran. Alhasil, Pangeran Shahrayar menunda hukuman mati bagi istrinya, Scheherazade, supaya sang istri bisa meneruskan dongengnya pada malam berikutnya.

Hal ini berlangsung hingga 1001 malam. Berarti sudah sebanyak 1001 kisah yang dituturkan Scheherazade (mungkin dari sinilah muncul istilah, kisah 1001 malam).

Dari sini muncullah kisah-kisah tentang jin, magic, dan tempat-tempat legendaris. Beberapa diantara kisahnya mungkin sudah sering kita dengar seperti cerita tentang Harun Al-Rasyid, Ja’far dan Abu Nawas, Kisah tentang Aladin dan Sinbad. Scheherazade mempelajari banyak legenda, sejarah dan cerita- dan cerita tentang Raja sebelumnya dan manusia pada umumnya. Dia telah belajar banyak tentang puisi, filsafat, seni, dan ilmu-ilmu. Tidak hanya dia banyak membaca, tetapi juga dibesarkan dengan baik, sopan, dan menyenangkan untuk semua yang ditemuinya.

Kisah-kisah manis yang dituturkan Scheherazade setiap hari ternyata mampu melunturkan sifat jahat sang pangeran. Kesabaran dan kemahiran Scheherazade merangkai kata ternyata mampu mengembalikan Pangeran Shahrayar yang jahat dan lalim, kembali menjadi pangeran yang baik, bijaksana, murah hati dan penuh cinta kasih. Kisah sebanyak 1001 itu berakhir dengan kembalinya cinta sejati sang pangeran.


-Dari berbagai Sumber-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar