Senin, 04 Januari 2016

Perawatan Saluran Akar - selesai




Haloooo! Akhirnya saya selesai proses PSA gigi geraham bawah yang kemaren saya ceritain sudah sampai tahap pengajuan akses BPJS ke RS Tipe A.

Proses Perawatan Saluran Akar kemaren sebanyak 4 kali pertemuan. Setiap pertemuan berjarak 1 minggu, bahkan lebih, jadi ya memang lama dan harus sabar dalam pengobatannya.
Rumah sakit tempat saya dirawat ini adalah RS Dr. Moewardi, Solo. Antri pendaftarannya panjang dan penuh sih, tapi saya mah modal daftar online. Jadi nggak lama banget sih.

Aksesnya di  sini, Klik menu pendaftaran online lalu isi formnya. Bisa juga via sms.



Saya biasanya berangkat pukul 07.00, ngga sampai setengah jam udh selesai pendaftaran. Terus nunggu di poli gigi dan mulut di lantai dua. Waktu saya datang sih biasanya masih sepi banget, dokter tersayang juga biasanya jam setengah sembilan baru datang.
Pertemuan pertama, gigi geraham saya dibersihkan dan mulai dicari orificenya.  Lubang di gigi saya ini dibor untuk ngebuka atap pulpanya, lalu saraf diambil saraf sekalian reshaping saluran Akar. Tujuannya agar pengisian nanti bisa bagus hasilnya, Kalo pengisian ngga bagus, isi saluran akar tadi bisa bocor dan kumat lagi. Demikian penjelasan temen saya yang Sp.KGA.
Dibornya cuma pake jarum file, ngga sakit kok cuma memang agak kerasa saat prosesnya. Proses ini juga sekalian ngukur kedalaman saluran, punya saya 21 mm. Panjang ya xD
Setelah proses mangap yang melelahkan, (maklum saya ada riwayat dislokasi rahang, alhasil ga bisa mangap lama lama dan sering) dokter cuma nemu dua saluran. Sementara ditambal dulu untuk dilanjutkan pertemuan berikutnya.

Belum ada seminggu, gigi saya udah cnut cnut lagi ngga karuan. Saya minumin obat dari resep yang dulu masih ada, sampai dua hari, akhirnya sembuh juga.

Pertemuan kedua, masih melanjutkan pencarian saluran. Agak susah, tapi akhirnya ketemu juga. Disterilisasi, Terus ditambal lagi. Minggu depan balik lagi.

Pertemuan ketiga, gigi saya dicek apakah masih sesekali nyeri atau nggak. Karena sudah ngga sakit lagi, dokter memutuskan untuk mengisi saluran akar. Kemudian ditambal sementara lagi.
Minggu berikutnya, tambalan sementara dibongkar, lalu dipasang tambalan permanen menggunakan komposit dan dikeraskan menggunakan sinar uv. Setelah itu.. tadaaaa.. gigi saya selesai di PSA.

Duh bahagianyaaa..

Tapi perjalanan saya masih belum berakhir. Masih ada gigi berikutnya yang harus dirawat. Hyahahahahah..... *ketawa nangis*
Saya usahakan akan update lagi deh untuk perawatan gigi berikutnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar