Kamis, 27 Oktober 2011

Blog, Buku, dan Saya. -Memperingati Hari Blogger Naisonal-

Selama ini saya sering sekali baca buku, saya juga sering nulis meski waktu itu belum rajin meresensi buku. Saya punya blog biasa, yang postingannya biasanya berupa curhat-curhatan saya doank atau tulisan tulisan ngga jelas. Kadang kalo lagi rajin, saya sering menyelipkan beberapa tugas kuliah di postingan saya, tapi itu Cuma beberapa kali doank. Sejujurnya, saya pingin blog saya bermanfaat buat orang lain. Tapi apa yang bisa saya tulis ya? Sedangkan postingan tugas aja sering males-malesan.


Sampai suatu hari saya tahu dari seorang teman yang udah ikut BBI duluan, bahwa ada perkumpulan orang-orang yang ”gila baca” dan ”hobi nulis”. Okelah, dua sebutan itu saya rasa cukup tepat untuk mendiskripsikan diri saya sendiri. Maka saya putuskan memelihara satu blog lagi, khusus untuk tempat saya mengoceh tentang buku-buku yang pernah saya baca. Masih awal sebenarnya ketika saya memutuskan untuk bergabung dengan BBI. Dan ternyata saya nyaman sekali di kumpulan teman-teman ini.


Akhirnya saya punya teman ”nyata” yang punya hobi sama kaya saya. Teman-teman yang tau bagaimana nyamannya masuk ke dunia dalam sebuah buku. Maklum, soalnya selama ini saya jarang banget ketemu sama orang-orang yang benar-benar punya hobi sama saya. Seringkali saya ngerasa ”aneh” di dunia saya sendiri. Banyak yang saya kenal tapi nggak ada teman-teman yang bisa saya ajak diskusi atau saya ajak bicara tentang buku terbaru, minta rekomendasi buku yang bagus atau ngobrol apaaa aja tentang buku.


Maka BBI ini resmi menjadi ”zona nyaman” saya. Seneng lho rasanya begitu tau ada orang yang sama gilanya tentang buku kaya saya. Seneng nimbun buku, kalo tidur temennya buku, punya banyak buku, (pingin) punya perpus sendiri di rumah yang gedeeee. Kalau ke toko buku nggak betah rasanya pulang Cuma bawa satu buku, yaah.. semacam keunikan kaya gitu. :)


Setelah gabung ke BBI juga jadi makin banyak dapat keuntungan. Selain banyak rekomendasi buku-buku dari blognya teman-teman, Alhamdulillah saya juga mulai sering dapet "buntelan" buku buat direview dari penerbit. Nggak sering-sering banget sih, tapi rasanya bangga banget kalo ada penerbit yang bukunya mau direview sama saya gitu. hohohh.. Ya tentunya masih dalam tahap pembelajaran mereview dan ngeblog yang asyik. Tapi sungguh, rasanya dengan ngeblog dan ngereview buku, saya berharap blog saya bisa membantu temen-temen dalam memilih buku-buku yang ingin dibaca. Dan ngeblog ini telah menjadi perpaduan dua hobi saya yang paling utama, membaca.. lalu menuliskannya lagi dan memberitahukan kepada dunia.


Yaaa.. semoga blog ini bisa saya rawat sampai lamaaa sekali. Semoga teknologi yang kecepatan majunya bukan main itu tidak menggerus saya, blog dan buku. Selamat berpesta,blogger Indonesia.. Semangat hari blogger Nasional!!

Sabtu, 15 Oktober 2011

Jalan masih panjang *kaya judul lagu*

Kali ini saya pengen cerita tentang temen-temen satu angkatan di pasca. Suka kasian kalo ngebayangin mereka jauh-jauh dari Irian, dari Bali, Dari NTB buat ke Jogja biar bisa sekolah lagi. Ninggalin anak, ninggalin Istri, belum tentu sebulan sekali bisa pulang. Ayah bilang, saya mungkin contoh mahasiswa yang “bandel”, selese kuliah langsung colut. Ada acara makan-makan atau tamasya kaya hari ini juga ga ikut.

Biarin. Suka-suka mereka lah mau bilang gimana, tapi kalo yang udah punya anak saya rasa mereka pasti ngertiin. Maklumin. Sejujurnya saya salut banget ama ibu-ibu, bapak-bapak yang mau meninggalkan keluarganya demi meraih cita-cita. Kewajiban. Ah apalah itu namanya.

Saya aja yang pulang pergi tiap hari masih mikir-mikir lagi buat ngelanjutin sekolah ini. Kadang udha puas lah, Sarjana saja. Jadi Ibu rumah tangga saja, ngurus anak, nulis buku, review buku, ngedit buku. Itu aja cukup. Tapi mau gimana donk, Allah kasih rejeki, dan pilihan-Nya pasti selalu yang terbaik buat saya.

Cuma ga yakin juga survive ngga sampe tamat.

Wallahu’alam.

Mungkin saya nggak sekuat mereka yang rela nyebrang pulau buat sekolah. Angkat topi buat mereka pokoknya. Kadang kalo lagi ngeliat mereka, jadi ketularan semangatnya. Mereka aja bisa. Meski saya juga ga tau gimana rasanya ya berbulan bulan jauh ama anak sama suami, sama istri..