Selasa, 24 November 2009

-Ibu part 2-

Kemaren-kemaren (sampe sekarang juga sebenernya) saya sering ditanyain ama temen-temen atau sama siapa saja yang sekiranya tahu saya masih kuliah, gimana caranya jadi ibu bareng sama jadi mahasiswa.

Kebanyakan pada setengah tidak percaya kalau ternyata saya masih kuliah dan punya anak, mungkin karena saya imut kali ya..jadi gak keliatan kalo udah punya momongan satu. Hehehhh. Kali ini saya Cuma mau berbagi pengalaman saya yang mungkin belum banyak, tapi siapa tahu bisa bermanfaat.

Kapan saya belajar? Kalau yang ini sih, pada awal jadi Ibu saya hampir jarang sekali belajar. Kebanyakan tidur karena kecapekan ngurus baby, tapi karena sekarang si baby udah gede, jadi kalo sekarang saya belajar kalo lagi mood aja. Terus kalo lagi gak mood belajar? Ya gak usah belajar, hehehh. Beneraan..^^. Atau kalo ada kasus lain misalnya, lagi ada deadline, tapi ga semangat belajar. Biasanya saya melakukan hal kesukaan saya, sambil ngerjain itu deadline, kalo lagi pingin denger musik, ya, masang MP4 sambil ngerjain tugas, kalo lagi pingin baca novel ya, baca novel gitu sambil ditargetin juga berapa bab novel itu selese, maka saya harus membayar dengan mengerjakan deadline-an saya itu.

Intinya, bagaimana caranya belajar itu bisa kamu suka. Maksudnya jadi focus dan bisa asyik di dalamnya. Dibuat enjoy aja gitu.

Terus kalo lagi belajar, Si Oryz gimana? Ya Oryz ikut belajar donk.. kalo saya lagi baca, persiapan kuis misalnya, Si Oryz saya ambilkan buku bacaannya. Kalau saya lagi ngerjain laporan praktikum, ya saya ikut siapkan kertas dan pena buat dia. Kalo saya lagi ngutak atik kompi atau lepi ya.. biasanya Oryz ikut ngrusuhin dengan mainan lepi juga..^^”. Tapi segalanya tetep dibuat enjoy. Saya gak tiap hari belajar kok, kadang kalo kecapekan saya memilih untuk tidur. Kalo lagi mood nulis, biasanya saya buka lepi malah buat bikin tulisan, bukannya buat belajar. Hehehh..^^V

Ya, kadang saya tulis juga di papan deadline, apa apa aja yang mau saya kerjakan seminggu kedepan, atau deadline deadline dan tugas tugas kuliah yang kadang terlupakan. Heehehhh.. Kadang saya juga harus termotivasi deadline biar kelar, maka deadline itu saya majukan seminggu atau beberapa har daari deadline seharusnya. Hehehhh..

Kata Ayah sih, bunda mau belajar atau nggak ya terserah. Kan aku Ibu-Ibu yang nyambi kuliah, jadi bagaimanapun juga, peran jadi Ibu tetep lebih utama daripada jadi mahasiswa, walaupun alangkah lebih baik kalo bisa sejalan. Tapi ya..sadar diri dikit lah, masak udah dibiayain mahal mahal kuliahnya terus saya malah gak serius di dalamnya. Hehehh.

Sebenernya kalo mau sukses belajarnya, yang penting tau gimana model ato kebiasaan belajar kita sendiri sih. Kan kita mulai belajar sejak kecil, jadi pasti udah tau kan gimana karakter belajar kita sendiri..^^


-Solo-
Ngantuk..tidur dulu ah..^^”

-Memoar Nikah Dini-

Dulu sewaktu SMA, saya salah satu dari mungkin beberapa akhwat yang idealis. Terutama dalam hal pernikahan, saya termasuk kategori akhwat yang punya kriteria banyak tentang calon suami impian nanti, juga termasuk keinginan bagaimana bentuk acara walimahannya, sampai bagaimana kehidupan rumah tangganya nanti. Aneh mungkin, wong SMA saja belum lulus, kok udah punya bayangan seperti itu, bahkan beberapa oknum juga berpendapat, karena saya terlalu ngebet itulah yang menjadikan saya bener-bener nekad mencoba rasanya pernikahan dini.

Point pertama, kenapa saya memutuskan untuk nikah dini?

Jawabannya simple, tapi dalem.. karena dengan menikah, saya MERDEKA. Hehehh, agak norak ya, kedengarannya. tapi dengerin dulu penjelasannya, ya. Sebelum menikah, saya termasuk dalam kelompok orang-orang yang susah bener njaga hati. Tiap ketemu ikhwan yang uhui, bawaannya kena virus pinky-pinky melulu. Alhasil, saya sudah seringkali jatuh bangun Cuma buat jaga hati dan kawan-kawannya ( pandangan, pendengaran, dan lain lain). Dan tentunya, dengan niatan inilah saya memutuskan untuk menyegerakan pernikahan, dengan statement yang perlu saya garis bawahi juga yaitu KALAU ADA YANG NGELAMAR.

Heheh..

Jadi pada intinya, alasan saya memutuskan untuk menikah di usia muda adalah untuk menghindari zina. Tapi bukan berarti kalau mau menhindari zina terus nikah, itu juga kurang benar menurut saya. Alasan lain saya menikah adalah, karena saya membutuhkan seseorang yang senantiasa mengingatkan dan mau berbagi lembar kehidupannya bersama saya. Dengan kata lain, saya butuh satu sayap lagi untuk mengarungi kehidupan. (walau bukan berarti dengan satu sayap kita tidak bisa, tetap bisa. Tapi alangkah lebih ringan bila ada yang bisa diajak berbagi kan?).

Point kedua, dampak psikologis yang saya alami.

Hmm. Agak sulit buat njawab point yang satu ini. Dampak psikologisnya saya pointkan lagi saja ya, (kebiasaan kuliah keikut-ikut di sini).

1. lebih tentram

Yang ini jelas ya? Soalnya udah ada temen berbagi cerita, teman diajak curhat, temen beribadah bersama, dan lain-lain deh. Jadinya untuk menjaga hati dan kawan-kawannya, saya akui jadi jauuuuuuuuuuhh lebih baik daripada dulu waktu masih jomblo.

2. lebih sering belajar

yang ini efek pendukung aja sih sebenernya, soalnya jadi ada temen diskusi pelajaran di kampus, dan jadi motivasi tambahan untuk tetep meneruskan studi.

3. lebih sabar dan mengalah

Menurut saya, sebenarnya, pernikahan itu ada untuk saling melengkapkan, bukan saling mencari kesamaan. Untuk saling membuang setengah ego diri, agar dapat menampung setengah ego milik pasangan yang lain. Untuk membuka jalan lebar yang baru dalam perspektif kehidupan dan pilihan-pilihan yang kadang tak sejalan, bukannya jalan sendiri-sendiri meski arahnya sama. Untuk itulah, terkadang sabar dan mengalah berperan besar dalam hal ini. Jadinya, saya benar-benar dididik secara langsung untuk belajar sabar dan mau mengalah atau dengan kata lain, belajar bermusyawarah untuk menyamakan pendapat. Hehehh.

Point ketiga, dampak kemantapan dari beragama.

Hehehh, kalau yang ini, mungkin saya artikan sebagai.. ada teman yang mau diajak sholat malam bersama, ada teman tilawah bersama, ada teman untuk sholat jamaah tiap harinya, dan lain-lain. Terus ada yang bisa saya tanyain sesuatu yang sekiranya saya kurang tahu dalam hal itu, biasanya nanya murrobi lewat pesan singkat atau nunggu ketemuan dulu baru bisa diskusi, tapi sekarang nggak, soalnya sama suami kan tiap hari ketemu dan bisa diajak diskusi. Segi kemantapan yang lain, mungkin seperti yang saya sebutkan sebelumnya, untuk menjaga hati dan kawan-kawannya jadi lebih mudah. Karena saya sudah menikah, jadinya sudah halal kalau nggodain suaminya sendiri, ya kan? Hehehhh...

Point keempat, suka duka.

Saya tulis dukanya dulu kali ya?

Dukanya itu, karena saya masih muda, emosinya masih sering naik turun, jadi kadang sering kebawa juga dalam pernikahan kami. Tapi Alhamdulillah, suami bisa lebih ngemong alias lebih bijak menyikapi sikap kekanak-kanakan saya ini.

Ada lagi dukanya, teman berdiskusi atau bercerita saya sebagai seorang isteri dan ibu muda masih sedikit sekali. Alhasil, kalau cerita ke mereka yang lebih dewasa, terkadang tidak sesuai dengan yang saya maksudkan. Jadinya, kalau untuk belajar dalam hal yang satu ini, saya sikapi dengan ikut milis dan banyak baca buku tentang hal rumah tangga dan segala isinya.

Ow Satu lagi, dukanya adalah, kalau ada yang ngira saya menikah dini karena ”kecelakaan”. Hiks, sedih banget kalau ada yang nganggep saya seperti itu. Tapi biasanya saya tidak anggap sih, kan Allah Maha Mengetahui, dan manusia tidak. Jadi kalau ada yang mengira saya MBA, ya..paling bersabar aja, sambil menjelaskan alasan yang sebenernya kepada mereka.

Sekarang sukanya, kalau saya ceritakan semua nanti gak selesai selesai tulisan saya. Jadi saya ceritakan yang paling saya sukai aja ya. Sukanya adalah, ada teman diskusi di rumah, teman yang mau mbantu nyari jurnal buat tugas kuliah, teman yang mau nganter kalau berangkat ke kampus, teman yang mau nganterin ke rumah sakit kalau lagi sakit, temen yang mbangunin malem-malem buat tahajud, temen yang mau njagain si kecil kalau saya kecapekan kuliah, teman yang sabar, yang senantiasa mendukung, menguatkan, meluruskan dan mengingatkan saya dalam kesehariannya.


Yang terakhir, pesan saya..

Hmm..
Nikah dini itu, kereeen. Tapi tak selamanya ikut ikutan biar kereeen. Karena biar bagaimanapun juga, kita yang mengerjakan jalan kehidupan kita, Allah menentukan tapi kita tetap yang mengusahakan. Untuk menikah dini, diperlukan kesiapan yang tidak main-main bagi para pelakunya. Karena biar bagaimanapun, menikah itu insya Allah sekali dalam seumur hidup kita. Jadi jangan salah menentukan pilihan.

Tapi apabila njenengan sudah yakin untuk menikah di usia yang dini ini, sudah paham dan mengerti konsekuensinya. Maka, ikut dengan saya, menjadi salah satu pelaku nikah dini...yang semoga selalu kereeenn..^^

-Solo-

Saya tahu, bahwa dengan memantapkan hati mengikuti komitmen ini, Saya akan mendapatkan apa yang sebenarnya Saya butuhkan, bukan hanya Saya inginkan.

Senin, 23 November 2009

-Oryz dan sepeda barunya-

Kemaren kemaren..
Waktu main ke tempat tetangga..
Oryz terpesona liat sepeda temennya
Padahal sepedanya sepeda anak SD
Jadi udah yang besar gitu..
Tapi dia seneng banget..
”pepa..pepa..”, maksudnya sepeda gitu..

Kemaren.. Oryz akhirnya dibeliin sepeda baru..
Rodanya empat.. warnanya nge-pink abis..
” kok gak biru si, Yah?”, tanya Bunda
”Ayah kan mbeliin Ryza, bukan emaknya”, kata Ayah
Tuing..tuing.. bener juga dink..

Terus ternyata..
Si Oryz seneng banget sama sepeda barunya..
Digeret ke depan teras, terus digeret lagi ke dapur
(maklum, belum berani dikayuh)
Sekali- sekali dimainin itu pedalnya

Terus si ”Bug-Bug” boneka kesukaannya
Dimasukin di bagasi di belakang
Di keranjang depan
Dimasukin makanan
(yang ini ketularan emaknya kayaknya)

Alhamdulillah..
Oryz punya sepeda baru..
Walau belum bisa di kayuh sendiri.. ^^”


-Solo-

Bundanya Oryz yang lagi mau mbelajarin Oryz naek sepeda

-Hujan-

Hujan..
Lama aku tak menyapamu
Setelah sekian lama aku bergelut
Dalam ruang dan waktuku sendiri
Dan tak menghiraukan kedatanganmu

Hujan,
Hari ini ingin kuletakkan sejenak bebanku
Dan memandangimu dari balik jendelaku
Mengamati butir-butir kecilmu yang tumpah
Mencium harum tanah yang kini mulai basah

Hujan,
Ternyata kau masih sama seperti dulu
Masih menghapuskan galauku
Masih meringankan gelisahku
Masih setia menemaniku

Hujan,
Ternyata lama aku tak mengamatimu
Dan aku merindukanmu

-Solo-
Menunggu gerimis membasahi pekaranganku
(Mumet mode on)

Selasa, 17 November 2009

-Ibu part1-

Banyak orang bertanya sama saya, gimana sih rasanya jadi Ibu di usia muda? Pertanyaan ini sebenernya Cuma bisa diwakili satu jawaban, AMAZING. Kalau gak percaya, Anda boleh coba sendiri deh.. jadi ibu adalah hal yang mungkin tak sempat saya pikirkan waktu dulu SMA, jamannya masih kebelet nikah dini, dan terobsesi sama buku Nikah Dini Kereen!!-nya Bang Haekal. Waktu itu Cuma dibahas nikah dininya doank, ibu dininya gak ada alias gak kebahas. Sedang untuk yang NDK 2 berhubung saya gak punya dan waktu itu minjem doank dari temen, alhasil saya agak lupa jalan ceritanya, apakah menyinggung perihal ibu dini atau enggak.. Hehehh..

Jadi seorang Ibu, buat saya sebenernya mengandung beberapa makna. Jadi Ibu itu gak harus ngelahirin, Bu Dosen contohnya, kan banyak dosen muda yang belum jadi Ibu-Ibu. Buat dipanggil Ibu juga gak harus menikah, contohnya Ibu Guru, nahh, Guru saya dulu masih alone juga udah dipanggil Ibu. Jaadi Ibu itu gak harus tua atau keliatan dewasa, saya saja yang masih imut dan masih berkelakuan remaja udah dipanggil ibu ama temen-temen sekelas..^^”

Sekadar berbagi pengalaman aja, saya menjadi seorang Ibu, mungkin banyak yang setengah gak percaya. Bolehlah ditanya teman-teman satu kelas, bagaimana sikap saya yang udah ibu-ibu ini. Yaaa..jabatan udah jadi Emak, tapi kalo sikap mah, teteup berjiwa muda..^^V. menjadi Ibu, adalah hal yang menjadi pengalaman ruhani ataupun jasmani. Menjadi Ibu adalah hal yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata yang tepat untuk menggambarkannya. Kadang saya menemukan pelajaran hidup didalamnya, untuk sabar, mengalah, bersedih atas duka orang lain (dalam hal ini jadi emaknya ryza ataupun emaknya anak anak di kelas), bergembira atas kebahagiaan orang lain, belajar berbagi, menyayangi, mencintai, dan belajar berbagai peran dalam kehidupan. Terkadang menjadi Ibu, menjadi teman, menjadi sahabat, menjadi benteng, menjadi tiang, menjadi atap, menjadi jendela, (kok lama lama menjadi rumah….^^).

Mungkin karena usia saya yang masih dibawah 25, alias masih labil biasanya. Lebih mengutamakan perasaan, ego atau apapunlah mereka menyebutnya. Saya lebih sering menitikkan air mata, baik atas sedih, bahagia, bangga, atau kelilipan di mata..(oke..yang ini gak nyambung).. kadang bisa saja sejam yang lalu saya tertawa, tapi sejam kemudian saya sedih, lalu meneteskan air mata. Terkadang memang bisa dianggap wajar, tapi terkadang sebal juga, ada air mata nyelonong gak permisi netes gitu aja. Ya, inilah salah satu kekurangan saya menjadi Ibu di usia muda, masih cengeng kalo kata Budhe ama bulik. ^^”. Atau terkadang beranggapan saya terlalu memanjakan Oryz, yaa.. kadang doank sih, tapi saya juga agak gak ngeh yang disebut memanjakan itu yang gimana. Asal tidak berlebihan, saya pikir, terkadang kita perlu menyenangkan anak, mungkin mereka menyebutnya memanjakan, saya menyebutnya menyenangkan. Gak tau beda, gak tau sama deh..

Menjadi seorang Ibu, adalah hal luar biasa yang terjadi dalam sejarah hidup saya yang pada awalnya sudah tidak biasa. (buat yang tau aja ini mah..). menjadi Ibu adalah berkah Tuhan kepada saya dan pelajaran yang diberikan-Nya kepada saya dalam wujud yang nyata. Terkadang saya memang masih egois, masih selfish gitu bahasa gaulnya. Tapi biar bagaimanapun juga, saya masih belajar menjadi Ibu yang baik, yang tegar, yang bermanfaat dunia akhirat bagi orang-orang di dekat saya. (Biar jadi Ibu-Ibu, bahasa tetep sok diplomatis..). tapi jangan salahkan saya kalau jadi Ibu tapi tetep gaul, tetep hobi jalan jalan ke Gramed, ke Mall sama si kecil, kan belajar mengenalkan dunia ( ceritanyaaa..) sama si Kecil. Jangan sewot juga kalo saya suka poto-poto, (bawaan dari lahir kata temen..), kalo saya suka makan suka ini suka itu, suka ngomong (agak) keras.. hehehh, ya maap atuh. Kalo ada yang gak suka, bilang saja langsung sama saya, biar begini-begini, saya juga masih belajar jadi seorang Ibu yang baik dan tidak selalu benar.

Akhir kata, saya masih mengagumi sosok Ibu yang ada di luar sana. Yang dipanggil Ibu karena memiliki buah hati ataupun karena kepribadian atau perannya di masyarakat. Menyandang gelar Ibu adalah sebuah awal dari perubahan diri, mungkin bukan jasmani, tapi ruhani, atau lebih spesifiknya di dalam hati. Ada yang beda disana, dan kalau kamu gak percaya.. buktikan saja.. jadilah seorang Ibu, dan kau akan tahu apa yang beda di hatimu..


-Solo-
Hari-hari menjelang hari Ibu
Mengenang para Ibu yang telah mewarnai duniaku
Bunda, Mama, Ibu, Si Mbah, Budhe, Bulik, Ibu Guru, Ibu Dosen, dan yang lain yang tak tersebutkan satu satu. Terima kasih atas pengajaran dan segala yang telah diberikan.

Kamis, 12 November 2009

-NPSP-

Alangkah seringnya
Mentergesai kenikmatan tanpa ikatan
Membuat detik-detik di depan terasa hambar

Belajar dari ahli puasa
Ada dua kebahagiaan baginya
Saat berbuka
Dan saat Allah menyapa lembut memberikan pahala

Inilah puasa panjang syahwatku
Kekuatan ada pada menahan
Dan rasa nikmat itu terasa, di waktu buka yang penuh kejutan

Coba saja
Kalau Allah yang menghalalkan
Setitis cicipan surga
Kan menjadi shadaqah berpahala


Setelah dipesenin seorang teman via chat, saya jadi teringat lagi satu buku ini. Buku yang juga berperan serta dalam perubahan besar hidup saya. Sebenernya saya dipesankan untuk membuat resensinya, tapi saya juga ga tau mau mulai cerita dari mana. Jadi, saya ambil point-point yang menurut saya sangaaaaaaaaaaaaaat berkesan, waktu dulu pertama kali saya membacanya...

Yang paling mengena adalah sebuah ayat dalam Al Quran, yang dulu saya gak tau, tapi begitu baca ayat ini, merinding saya saudara-saudara..

” Dan janganlah kalian mendekati zina. Sesungguhnya zina adalah perbuatan yang keji. Dan jalan yang buruk.” (QS. 17:32).

Jika ada yang mengatakan bahwa cintalah yang menyatukan dua insan berlainan jenis tanpa ikatan halal, semoga ia bersiap menggigit jari. Dalam bentuk hubungan yang lepas dari nilai-nilai syar’i, tak pernah ada cinta. Yang ada hanya nafsu dan zina dengan segala topeng yang mungkin sulit dikenali, kecuali oleh orang yang berhati jernih yang siap menerima kebenaran.

Ada lagi sub subbab yang isinya tentang ikhawan akhwat yang jatuh cinta... cie... susah memang kalo mbahas yang ini, Mah. Gak abis-abis, emang. Kalo yang ikhwan ato akhwat jatuh cinta, emang sering gak jelas sikapnya. Kadang gemetaran, keringat dingin, gak bisa bicara... alias terpesona gitu kali kalo ketemu orang yang disukainya. Tapi kalo terus dihindari, kadang malah menimbulkan tanda tanya besar, kadang terjadi komunikasi gak sehat, ato bisa jadi ada kesalahpahaman, padahal niatnya mah biar ga ngeliat ato ketemu itu orang gitu..

Kita sering berkata, cinta kita karena Allah semata. Buktinya, yang kita lakukan adalah saling menasehati dalam kesalihan. Tetapi tanpa ikatan apapun, kita memberi perhatian khusus pada sebuah nama. Tidakkah terpikir bahwa yang harus dicintai karena Allah banyak jumlahnya? Tak hanya dia. Pengkhususan adalah pemfokusan jaring pesona yang berbahaya.

Terus ada lagi subbab yang judulnya, ” Rabbi, selamatkan saudaraku yang kucintai..”, ada cuplikan isinya ya..

Saudaraku, sahabatku,.. cinta yang sehat belum menuntut apa-apa, jika belum ada ikrar halal atasnya. Boleh jadi engkau merahasiakan rasa simpati dan ketertarikan. Tetapi tetap saja penyakit namanya kalau orientasi kedepanmu hanya si dia. Maksudnya, kalau engkau mendikte Allah bahwa dialah yang pasti menjadi jodohmu. Lalu engkau bukannya meminta yang terbaik dalam istikharahmu. Kalau begitu caranya, seolah engkau yang menentukan segalanya. Kalau engkau meminta dia dengan paksa, bisa jadi Allah tak mengulurkannya dengan kelembutan, tapi Ia melemparnya dengan marah karena niat yang terkotori. Maka bersiaplah menggigit jari dalam kekecewaan yang abadi.
”..Boleh jadi kalian membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagi kalian. Dan boleh jadi kalian mencintai sesuatu, padahal ia amat buruk bagi kalian. Allah Maha Mengetahui, sedang kalian tidak mengetahui.”(QS.2:216)

Oh iya, buat yang mau mutusin pacarnya, juga ada suratnya lho didalam buku ini, boleh disalin lagi..tapi gak mau saya tulis disini ah, panjaaang, mending beli aja bukunya. Hehehhh. Lumayan buat nambah koleksi..^^

Terus, cara menjaga nafsu itu gimana?
Dzikrullah
Puasa
Sabar dan Shalat
Ngaji
Melelahkan diri dengan aktifitas surgawi


Saya sudahi yaaa, kepanjangan notesnya, masih banyak yang isinya penting sih, tapi mending dibaca sendiri aja dibukunya, lebih jelas dan lebih komplit.

” Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian diantara kalian, dan orang-orang yang layak menikah dari sahaya kalian yang laki-laki dan perempuan. Jika keadaan mereka faqir, Allah akan membuat mereka kaya dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas ( karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. 24:32)


-Solo-
Semoga bermanfaat..
^^

Rabu, 11 November 2009

-Oryz dan buku besarnya-

Semalem, mulai dari adzan Isya’ berkumandang, eh..pet…lampu mati, listriknya juga gak ngalir semua..alias pemadaman listrik sama abang-abang PLN. Padahal si Ayah mau ngantor lagi sebentar, ada janjian sama temen kuliahnya, jadilah Bunda sama Oryz dirumah berdua..gelap-gelapan. Hujan deras lagi diluar sana. Karena mati lampu, udah kebiasaan kalo gelap begini, biasanya kami nggelar perkakas maenan di teras rumah sambil nyalain lilin ama lampu emergency.. Untung gak kecipratan hujan, jadi aman.

Alhasil bantal, moo, mickey, guling, boneka, bola, dan maenan lainnya diusung ke teras sama Oryz. Begitu Ayah berangkat ke kantor, kumatlah nangisnya yang super kenceng itu…

“Ayaaa…hhhh…Ayaaahhhh….”. tereak tereak manggilin Ayah, padahal Ayah udah ngabur ke Kantor.
“ Ayah kerja sebentar, Oryz..”, Bundanya sok ndiemin gitu ceritanya..

“AYAAAAAAAAAHHH”, makin kenceng aja ini ngejengkernya..

“ Ngambil jajan di lemari yuk..”, Rayu Bunda lagi
” Ayukk..”,katanya Si Oryz
Selang udah hampir habis itu jajan, keluarlah makanan lainnya dari lemari, Buah Pir, Apel sampe permen juga keluar, termasuk botol susunya.

Eh, kumat lagi rewelnya...
”Ayaahhhh...Ayaaahhh....”

Duh, akhirnya Bunda punya ide, ngeluarin Buku bacaannya. Eh, ternyata itu buku di kamar belakang, mana Oryz gak mau masuk ke dalam..kan gelap, Lampu emergency yang didalem udah mati duluan.. terus Bunda inget, punya satu buku besar kesayangannya Oryz. Buku setebal 365 halaman, ada gambar dan berwarna. Dibeli waktu umurnya Oryz belum ada setaun.. karena Emaknya langsung jatuh cinta begitu liat itu buku.. ^^”

Cuma karena itu buku kertasnya bukan karton yang tebel kayak buku Oryz lainnya, jadi emang disimpennya di lemari buku di ruang tamu, dan kelihatan kok dari teras letak bukunya...

” Oryz..baca buku, ya sama Bunda”, katanya Bunda
” Bu ‘uu..”,
Terus diambilin buku, deh..

Niatnya mau ndongengin, tapi dari dulu Oryz gak suka didongengin. Entah karena suara Emaknya yang jelek, atau nada bacanya yang hambar, atau emang Ory seneng liat gambarnya doank. Terus, dibuka deh itu kitab besarnya. Eh, Oryz langsung ngrebut, mbolak mbalik halamannya sendiri (penuh susah payah, karena emang bukunya gede dan tebeelll), terus nunjuk nunjuk gambarnya minta diceritain sekilas doank.

Teruuss… diem deh..sampe lampu nyala lagi, jam 9 malem..^^

Begitulah, Oyz dan buku besarnya, yang jarang dibuka karena sebagian kertasnya sudah tambal tempel sana sini, karena disobek sama Oryz. Tapi sekarang, kebiasaan itu udah gak sering lagi, yang sering dilakukan sekarang adalah… nyorat nyoret kertas dan buku atau apa saja yang dia temu (termasuk laporan praktikum emaknya)… ^^


-Solo-
Lagi nularin hobi mbaca ke Oryz..^^”

Senin, 09 November 2009

episode proposaal

Sudah hampir 3 bulan, ngurusin proposal yang satu ini gak tembus-tembus.. revisi bolak balik, bahkan sampai ganti judul. Sempet waktu itu jabanannnya perpus mulu sepulang kuliah, sok banget gitu kesannya kalo ambil mata kuliah yang 6 sks ini. Dulu sih, pikirnya emang susah tapi gak susah susah amat gitu bikin proposal doank, Mah. Kan baru proposal.. tapi ternyata, Masya Allah, bener-bener berjuang keras ya…

Sampai tulisan ini dibuat, pun, saya masih memperjuangkan revisi proposal saya, yang harus siap-siap untuk diotak atik lagi sama Mas Dosen. Tapi seenggaknya, bikin proposal ini membuat saya belajar banyaak sekali hal dalam kehidupan..( ciiee, sok banget ah bahasanya)..

Saya belajar bersabar

Ternyata, saya ini masih seujung kuku dari perjuangan proposal yang sedemikian sulitnya, seperti yang udah dialami Mbak-Mbak dan Mas-Mas angkatan atas. Ada yang udah revisi ampe 11 kali, baru bisa seminar, ada yang udah ganti judul berkali-kali, baru bisa nemuin judul yang pas, ada yang terpaksa ganti pembimbimng karena gak sejalan, ada yang ini yang itu lah pokoknya.. saya baru revisi 3 kali, ganti judul juga baru sekali, dengan pralab yang cuman nebeng akses lab kakak tingkat sekali.

Tuh, masih pemulaaa banget ya,. Padahal dulu mah kalo mau seminar magang, revisi 2-3 kali, terus langsung tancaap seminar. Kalo yang ini, kaya tadi, baru dibaca sebentar juga, udah ditambah tambahin sama Pak Dosen..hahahh, alamat revisi lagi euy.

Ada lagi, sabar yang lainnya, sabar nungguin Dosen dateng, sabar waktu diskusi sama Dosen, sabar ini sabar itu, wah pokoknya bener-bener belajar sabar.. hahah, padahal saya ini orang yang termasuk kategori susah buat sabarr.. ^^”. Jadinya yaa... bener-bener belajar jugaa...

Saya belajar mandiri

Kenapa saya sebut belajar mandiri? Karena eh karenaaa... mulai saat ini, kebanyakan saya ngapa-ngapain sendiri. Kemaren kemaren kalo ke perpus juga sendiri, nyari dosen juga sendiri, nungguin dosen juga sendiri.. ( dibawah pohon udah kaya penunggu pohon).

Juga saya Belajar nyari jurnal sendiri (walau si Ayah dengan sukarela kadang sering browsingin jurnal juga), kadang juga meramu tulisan jadi enak dan nyambung ( buat skripsi lo ya) juga sendiri. Ini padahal baru proposaal, gak kebayang kalo nanti ngelab terpaksa harus sendirian..huhuhu...

Saya belajar cepat

Maksudnya belajar cepat adalah, saya belajar jalan cepat buat ngejar dosen yang lagi jalan, hehehh,, itu salah satu diantaranya. Saya belajar cepat dalam ngganti ini Revisian, seminggu satu kalo lagi niat, kalo harus mikir dan banyak yang direvisi, yaa..bisa ampe dua minggu lah.. hehehhh..

Pokoknya intinya, Mah, saya belajar..

Benar-benar belajar. Mencoba mengambil makna dari perjuangan ini, Allah pasti memberikan yang terbaik buat umat-Nya. Itu aja sih kalo prinsip saya sekarang ini, ikhtiar maksimal, doa optimal, terus tawakal..^^

Kalo ternyata belum selese selese juga revisiannya, mungkin Allah pingin saya mendalami ”6 sks” ini dengan mantap, ingin melatih kesabaran saya... ( baru 3, Vin..Tuh, si Mbak x aja 11 kali baru bisa seminar), ngasih perpanjangan waktu biar saya bisa lebih banyak baca buku ( dopping saya kalo stress kan baca buku), atau ngeluarin tulisan dari pikiran saya, dan yang pastinyaaa.... Perjuangan ini baru dimulai, kalo baru melangkah udah patah arang, yaaa... mending duduk diam di tempat aja sekalian...

Semangaaattt, saya, kamu, kita pasti bisa...

-Solo-
Episode Proposal yang belum selesai...
Mohon doanya ya teman-temaaan...^^

Sabtu, 07 November 2009

Oryz dan keranjang sampah

Suatu hari...
Habis belanja baju buat Oryz..
Terus nggunting-ngguntingin label harga dan merk..
” Oryz, kertasnya dibuang tempat sampah ya, Nak..”
Terus..di buang deh sama Oryz ke tempat sampah..
” Pinter..Oryz ya..”, Niatnya muji...^^

Selang dua hari..
Oryz dikasih sangu uang jajan ama Ayah
” Ini buat nanti kalo Oryz mau ke warung sama Mbah ya..”
Begitu pulang dari kantor, Si Ayah nanya..
” Bun, tadi Ayah kasihkan uang dua ribu buat Oryz, dipake jajan apa?”
” Hah? Bunda ndak tau Yah, malahan.. Kalo Ayah kasih uang buat Oryz..”
Besok pagi waktu buang sampah..
Ada duit dua ribu udah dikuwel kuwel sama Oryz, tergeletak di ujung tempat sampah paling bawaah..
Kayaknya dipikir sampah kali sama Si Oryz..mentang mentang kertas juga..


Terus, setelah beli jajan dari warung…
Habis buka itu bungkus jajan..
Niatnya mau ngajarin Oryz buang sampah pada tempatnya.
Jadilah Oryz diajarin buang sampah di tempat sampah..
”Oryz, sampahnya dibuang di tempat sampah ya..”
Tuk.tuk..tuk.. jalan ke depan tempat sampah, terus di buang deh itu bungkus jajan..
” Oryz hebaat...”, Niatnya muji..^^
” Sampah itu kalo udah gak dipake, baru dibuang..ya Nak ya..”, Kata Bunda sok bijak..

Besoknya lagi..
” Oryz, mau jalan jalan ke tempat Yang Ti, ndak? Ngeng ngeng..Yuk..”, kata Ayah
” Ngeng..ngeng..Hollee..holeee..”, katanya si Oryz..
” Ganti baju ya, sama si Bunda.”, kata Ayah..
Begitu udah digantikan baju.. bajunya lupa Bunda taruh di keranjang cucian..
Pulang dari tempat Yang Ti, itu baju di cari-cari kesana sini..
Ternyata sama Oryz dimasukkin keranjang sampah..
Dipikirnya barang udah gak dipake, terus dibuang juga..gitu kali..

Terus. Pernah lagi nemuin barang-barang mainannya Oryz, uang kertas dan baju lagi ditaruh Oryz di keranjang sampah. Haduh..padahal udah berkali kali diingatkan. Tapi tetep aja dibuang ke situ. Pokoknya kalo ada barang ilang, apalagi kalau mainannya Oryz. Ya, dicari dulu ke tempat sampah deh..
^^”

-Solo-
Bundanya Oryz yang lagi bingung ngajarin buang sampah....

Kamis, 05 November 2009

Mimpi..

Pernah merasa putus asa? Patah semangat atau apalah itu namanya.. Hmm, kalau dibilang saya pernah atau tidak putus asa, mungkin kalo diingat-ingaaat…ya, saya belum pernah putus asa. Mungkin saya masih belum paham apa makna dari putus asa sebenernya.. see, putus asa itu kalo diartikan secara harfiah berarti putus harapan..

Dan saya itu tipe orang yang sukaaa sekali bermimpi yang tinggi, gak nanggung nanggung lah pokoknya kalo mimpi. Toh namanya juga berharap dan bermimpi, kalo Cuma nanggung atau takut jatuh dari ketinggian ya... gak usah mimpi aja sekalian.. kalo pendapatku sih gitu..^^”

Bagaimanapun juga, yang namanya putus asa itu, mungkin tidak seharusnya dan semoga saja tidak pernah ada dalam kamus hidup saya. Mengingat kalimatnya Andre Hirata, Bermimpilah maka Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu. Ya, mungkin harapan sama mimpi itu gak sama ya, alias agak beda..gitu lah. Kalo mimpi itu cenderung yang bebas, tapi harapan itu terkadang juga tergantung doa dan usaha, juga tawakal. Tapi kan tak ada salahnya berharap yang tinggi, toh Allah berkehendak, tak ada yang dapat menghalanginya.

Kemaren-kemaren baca koran lagi, di situ diceritakan tentang orang-orang yang dapat naik haji dengan cara yang tidak disangka sangka, adayang diundang makan malam bupati, eh terus diajak naik haji. Ada juga yang karena doa dari Sang Ayah, Allah mempermudah segala urusan si Anak untuk dapat naik Haji, ada juga yang dapet dari program televisi yang menyelenggarakan naik haji gratis.

Tuh, pertolongan Allah datang dari mana-mana, tak ada yang tak mungkin jika Ia sudah berkehendak. Jadi, kalo menurutku sih, asalkan kita sudah berusaha maksimal, doa optimal, terus tawakkal. Maka jika kemudian Allah berkata Kun fayakun, maka segala sesuatunya dapat terjadi.. dengan cara dan waktu dan tempat yang tak disangka-sangka.

Lalu kalau ternyata kita jatuh dari mimpi yang tinggi itu, maka jangan takut. Karena Allah pasti memberikan yang terbaik untuk kita, jika kita memintanya. Jadi kalau lagi dapet kesulitan ya, berusaha, berdoa dan tawakal, biar Allah yang menilai kesungguhan kita. Jangan mudah menyerah, karena memang hidup itu tak mudah. Tapi juga jangan berhenti bermimpi, katanya Bang Andrea Hirata lagi.. manusia tanpa mimpi berarti mati... Dan siapa tahu, buah dari mimpi kita ternyata jauh lebih manis dari yang kita sangka..

-Solo-
Sambil denger lagu meraih mimpinya Gita..

Minggu, 01 November 2009

-baca..baca..baca..-

Kemaren saya mbaca catetannya teh Pipit Senja, yang isinya tentang kebiasaan beliau yang dari dulu suka membaca. Jadi keinget masa kecil, kayaknya emang deh, kebiasaan Bunda yang satu ini nurun ke aku. Sejak kecil, saya sudah terbiasa membaca, apa saja saya baca. Mulai dari buku, majalah, Koran, brosur, tulisan di film di tv, tulisan di brosur obat, resep masakan..saya memang sedari kecil sudah termasuk anak yang suka membaca. Biasanya orang tua dulu membiarkan saya berlangganan 2 majalah sekaligus, BO** dan HOPLA*, Kadang kadang diselingi majalah ANAN** juga.

Kalo udah deket pembagian raport, biasanya kalo dapet juara di kelas, hadiahnya buku komik, SAILORM**N ato DORA***N. hehehh, dan kebiasaan membaca ini terbawa sampai saya masuk kelas 5-6 SD di rumah Nenek di Bekasi. Berbekal promosi seorang sahabat, saya memulai lagi kebiasaan itu, tapi kali ini saya harus nyewa di rental buku. Isinya biasanya GOOS**UMP, Kadang juga minjem ama temen yang punya koleksi buku bginian. Atau kadang juga dipinjemin komik detektif CON** Atau KINDAI***. Kadang juga kalo main ke rumah sodara di Jakarta, saya minjem KUNGF***Y. Pokoknya kalo itu buku sudah saya pegang, biasanya langsung saya embat baca atau di bawa pulang. Hehehh.

Waktu SMP, Saya pindah ke desa terpencil yang jauuh dari kota..hiks, sedih, jadi bisanya Cuma beli majalah doank sebulan sekali. Ato nitip temen yang sekolahnya di kota sana, hehehh.. Sampe terdengar kabar, ternyata di desa saya itu sendiri ada yang suka koleksi buku, coba aja ke sana buat dipinjem gitu kata si Mbah saya. Dan setelah ke sana, saya boleh minjem, alias nyewa gitu..^^ senangyaaa…

SMA, laen lagi. Di sebelah sekolah, ada rental buku cerita, novel gitu deh. Hmm..semenjak tau ada rental novel, saya jadi sering banget mampir ke sana (buat nyewa tentunyaaa) , sampai semua novel islami selese saya baca, terus gak niat baca yang lain to, ya udah gak pernah ke sana lagi deh terusan.. Kadang dipinjemin temen satu sekolah, satu kelas, satu bangku bahkan. Hehehh

Semenjak kuliah, Alhamdulillah ada peningkatan readaholic-nya..^^. Biasanya tiap sebulan sekali ada satu buku baru yang..dibaca, kadang ada rejeki ya beli terus di pinjemin ke temen di kampus. Kadang kalo lagi bokek banget ya beli koran doank buat di baca, kadang ke rental..sampai hampir semua buku-buku ”berat” (kata mbak penjaga rentalnya) sudah saya baca juga. Heheh, saya masih sangaat suka baca, semoga kebiasaan ini nurun juga sama si Kecil. Yang mulai kemaren-kmaren udah seneng banget liat buku,bolak balik halamannya dan koleksi bukunya di rumah juga udah mulai banyak. Semoga nular juga sama temen-temen di kampus, hehehh.. Walau saya gak bisa ngasih dopping buku terus buat kalian..^^.

Tapi sayang..gak bisa sering-sering baca buku kuliah euy..^^”, udah gitu juga masih belum bisa jadi penulis cerita yang baik..baru bisa cerita doank, belum pintar mengarang cerita..Yaa, semoga kedepannya bisa jadi penulis yang lebih baik, dan pembaca yang lebih baik juga..

Begitulah kebiasaan saya ini, bagi saya, buku adalah tempat rehat yang pas kalo lagi suntuk di kelas, lagi ngerjain proposal ga selese selese, ngerjain laporan capek, nyiapin kuis, dsb lah.. Lewat Membaca saya kenal dunia, saya belajar dari membaca, saya bermimpi dari membaca.. Dan kemudian saya menyadari, Tuhan menganugerahkan kedua mata dan pikiran, salah satu tujuannya untuk kita agar dapat membaca juga tentunya..^^


-Solo-
”Hanya bahasa yang melindungi kita dari ketakutan akan benda-benda tak bernama”
-Toni Morrison-