Sabtu, 31 Januari 2009

Venus

Tahukah kau apa itu venus?
Yang tercipta dari kumpulan debu dan uap
Dengan jarak yang dekat dengan matahari
Membuatnya panas meranggas

Tahukah kau apa itu venus?
Yang muncul ketika fajar menyingsing
Yang hadir gemerlapan di langit
Berlatarkan simfoni jingga berseri

Tahukah kau apa itu venus?
Yang terlihat lembut dan menawan hati
Menghias hitamnya alam angkasa
Mengalir dalam jutaan hasrat insan
Yang hadir dalam keheningan

rasa

Tak sanggup lagi kupendam rasa
Kemarau gelisah di ujung dahaga
Merindukan tetes madu asmara
Yang perlahan menghilang dari dalam jiwa

Aku tak mampu lagi berkata
Ataukah dapat ku bersuara
Sementara cinta yang terus membara
Tak pernah layu ataupun sirna

Aku masih mendengar bisikanmu
Masih dapat kulihat bayangmu
Menyapaku dari balik jendela cinta
Membawaku larut dalam suka

Biarkan aku perlahan berjalan
Atau berlari dengan amat kencang
Mengejar rindu yang terkekang waktu
Menghapus tangis yang terus mengiris

Aku hanyalah seseorang
Yang tak mampu mengejar cita
Untuk bersama dengan cinta

gerimis

Aku masih bersama hujan
Masih mendengarkan tetesannya
Yang mengalun bagai simfoni indah di hatiku..

Masih merasakan kesejukannya
Yang merasuk ke dalam sum sum tulangku
Masih mencium aromanya
Yang merayapi relung jiwaku

Aku masih setia bersama hujan

Bahkan walau ternyata takdir kami terpisahkan
Aku masih akan menunggu hujan datang
Walau angin membawaku pergi jauh
Meninggalkan bayang bayang

Aku masih akan bersama hujan
Menempatkannya dalam memori rasaku
Meletakkannya dalam dasar hatiku
Karena aku suka hujan..

Jumat, 30 Januari 2009

pandangan

Cinta mengajarkanku untuk berbagi, mengajarkanku untuk memilih, mengajarkanku untuk mengabdi.
Tapi cinta tak pernah mengajarkanku untuk menyerah, ia hanya mengajarkanku untuk mengalah atau bertahan dalam sebuah pilihan

Kemarin aku baru membaca beberapa bab dari novel baru berjudul Twilight.
Novel itu bercerita tentang percintaan yang terlarang, antara manusia dan drakula.hehehe..
Saat membayangkan Edward Cullen, si drakula, aku jadi ingat seorang temanku dulu.
Bukannya karena dia drakula juga, hanya saja cara si penulis menggambarkan tokoh Edward mengingatkanku pada seseorang itu.
Sebut saja namanya X..
Sama seperti Edward, X juga memiliki pandangan mata yang tajam, sikapnya dingin, kaku terhadap orang lain, tak jarang terdengar ketus.
Dan tiap kali pandangannya menatap mataku, terasa bintang jatuh menimpa diriku, dingin, dan seperti tersengat jutaan kilo watt listrik.
Mungkin itu sebabnya Rasulullah menyuruh kita untuk menundukkan pandangan. Sebab ujung ujungnya penglihatan pun tetep aja ke hati. Sama seperti X itu, hehe..

dimulai dari pandangannya yang sama sekali ga menghangatkan, dan perdebatan perdebatan kecil kami. Maka mulailah rasa suka itu muncul.. Tak disangka, demikian pula adanya dengan dia. Tapi bukan berarti kami langsung pacaran begitu saja..enggak..

Bisa disidang temen temen lain waktu itu kalo ampe ketahuan, jadilah kami sekedar TTM...hhh. Masa lalu itu terkadang sulit dilupakan..
Ya, kisah kami sebenarnya berakhir tragis, udah ah, ga enak dibicarakan.

Sebenarnya aku Cuma mau sedikit berbagi cerita tentang pandangan. Berulang kali aku jatuh bangun memelihara hati hanya karena pandangan dari laki – laki.
Entah, beberapa pria punya pandangan yang tajam, setajam belati, yang mampu menguras dasar hatiku. Dan itulah sebabnya aku juga mempromosikan agar anda anda yang membaca catatan ini untuk menjaga pandangan, mungkin anda merasa pandangan anda biasa biasa aja, tapi siapa tau, ada orang lain yang begitu melihat pandangan anda, tatapan mata anda, tiba tiba menyukai anda.
Wallahualam..
Semoga menjadi koreksi bagiku juga.

Kamis, 29 Januari 2009

mengapa wanita menangis?

Mengapa Wanita Menangis?
DARI MILIS SEBELAH..
“Kenapa ibu menangis?” Tanya seorang anak kepada ibunya.
“Karena aku seorang wanita,” jawabnya.“Aku tidak mengerti,” katanya. Ibunya memeluknya dan berkata,”Kamu tidak akan pernah tahu, tapi itu tidak jadi masalah.”Tak lama kemudian anak itu bertanya pada ayahnya, “Mengapa ibu menangis tanpa alasan yang jelas?”

“Semua wanita menangis tanpa alasan,” hanya jawaban seperti itulah yang dapat diberikannya.Anak kecil itu tumbuh menjadi seorang pria, masih tetap bertanya-tanya mengapa wanita menangis.
Akhirnya dia bertanya kepada Tuhan, “Tuhan, kenapa wanita mudah menangis?”Tuhan menjawab…..Ketika Aku menciptakan wanita, aku putuskan dia harus istimewa.
Aku membuat pundaknya cukup kuat untuk memikul beban kehidupan; namun aku membuat lengannya cukup lembut untuk memberikan kenyamanan…..

Aku berikan kekuatan batin untuk menanggung persalinan serta penolakan yang sering kali dialaminya, bahkan dari anak-anaknya sendiri…..Kuberikan padanya ketangguhan sehingga memungkinkannya merawat keluarga dan teman-temannya, bahkan ketika semua orang menyerah karena penyakit dan kelelahan, dia tidak mengeluh…..

Kuberikan kepekaan padanya untuk mencintai anak-anaknya dalam keadaan apapun. Bahkan ketika anak-anaknya sangat mengecewakannya…..Dia memiliki kekuatan istimewa yang menenangkan tangis anaknya serta mengatasi kegelisahan dan kekhawatiran anak remajanya…..Kuberikan kekuatan untuk merawat suaminya, walau dia melakukan kesalahan. Dan Aku menciptakannya dari rusuk laki-laki untuk melindungi hati suaminya…..

Kuberikan kearifan agar mengetahui bahwa seorang suami yang baik tak kan pernah menyakiti isterinya, tapi kadang-kadang menguji ketegaran serta ketabahan isterinya untuk terus mendampingi suaminya tanpa ragu…..

Untuk semua kerja kerasnya ini, Aku juga memberi dia air mata untuk dicucurkannya. Ini adalah yang dibutuhkannya untuk meringankan bebannya, dan ini adalah satu-satunya kelemahannya…..

Ketika kamu melihatnya menangis, katakan padanya betapa kamu mencintainya, dan menghargai semua yang telah dilakukannya bagi banyak orang, dan walaupun mungkin dia masih tetap menangis, tapi sesungguhnya kamu telah membuat hatinya terhibur…..Dia sungguh istimewa

Selasa, 27 Januari 2009

pacaran bertiga??

Kemaren kami sekeluarga main ke rumah ibu di Sragen. Kebetulan menantu menantu beliau yang lainnya juga lagi ngumpul di sana. Karena aku teringat salah seorang dari mereka..sebut saja E, pernah mengajakku nontong film laskar pelangi. Tapi karena waktu itu udah ga diputer lagi di bioskop, maka jadilah kami ga jadi nonton bareng. Dan ternyata vcd nya pun belum beredar di pasaran. Terus aku cerita sama E, aku punya novel tetraloginya, kali kali aja dia mau minjem.. ya, namanya juga ga semua orang punya hobi mbaca..jadilah dia menolaknya.

Terus dia bercertita..kemaren baru diajak suaminya nonton perempuan berkalung sorban di SGM.. duh kebayang seneng seneng berdua, anak dirumah juga udah ada yang jagain..dan bercerita pulalah aku, kemaren baru dibelikan novelnya..

Hihi, dia nggodain aku malahan..katanya kenapa ga ngajak suamiku nonton berdua di bioskop..dan aku... hanya dapat menjawabnya dengan sedikit gurauan..

Sampai rumah, aku ceritakan perihal Mbak E ku tadi.. dan suami hanya menjawab enteng..
” kalo keluar buat seneng seneng , masa oryz ga diajak? Masa bunda tega?.. hehe kalo ayah sih pilih ga usah ke mana mana aja..”

dan teringatlah.. dulu pernah kusinggung juga sebelum ada oryz.. pernah aku ajak nonton film di bioskop, atau menghabiskan semalam di hotel..berdua saja..hehe

Dan dia memang ga pernah mau yang romantis2 begituan. Jadilah kami menyewa CD dan ditonton di rumah berdua, atau hunting makanan berdua..kemana- mana berdua.tapi ga ada unsur romantisnya menurutku..
Semenjak ada oryz pun begitu.. kemana mana bertiga..beli sayur ke warung, bertiga..belanja bulanan ke supermarket juga bertiga..bahkan sekadar jalan jalan keliling rumah pun juga bertiga..hahaha..

Dan aku ga pernah bersedih karena ga pernah pergi berdua lagi sama suami, ga sedih karena kemana mana bertiga sama Oryz..kadang aku juga pergi berdua aja ama Oryz, demikian pula dengan suamiku.. biasanya kalo aku udah berangkat kuliah. Nah si Oryz jalan2 ber dua deh ama ayahnya..

Sesekali memang ingin rasanya pergi berdua saja sama suami, tapi begitu liat Oryz..mana tega ninggalin dia di rumah sama nanny nya, sementara ayah dan bundanya jalan jalan ke luar. Itupun pasti dengan penuh pikiran tentang oryz..
Ya..pacaran bertiga..siapa takut??hehehe

Sabtu, 24 Januari 2009

buat temanku

Semasa kecil dulu, sering aku membayangkan.. jika aku sudah dewasa nanti aku akan memilih pendamping hidup yang tampan, cerdas, baik hati, soleh..dan sebagainya.. pokoknya yang super segalanya. Lalu kami akan menikah di gedung besar, megah, dengan teman teman dari sekolah, kuliah dan satu kantor datang memberikan ucapan selamat. Aku mengenakan gaun putih, panjang, sedikit modern, dengan dua gadis kecil lucu menebarkan bunga di depanku dan dua lagi dibelakangku membantu membawakan gaunku yang panjang terurai.

Setelah aku berjilbab, pandanganku mengenai pernikahan berbeda lagi, aku ingin kelak menikahi seseorang yang sholeh, yang mampu menjadi imam, yang berjuang bersama di jalan dakwah. Seperti ummahat- ummahat yang menjadi aktivis itu. Pernikahan kami diawali dengan ta’aruf, tak ada fase pacaran sebelum menikah dan kami menikah berdasarkan niat yang benar- benar suci. Pernikahan ini diadakan di gedung (juga) tapi ga mewah- mewah amat, sederhana tapi teman teman dan sanak saudara dekat berkumpul semua. Atau menikah di bawah menara Eiffel, seperti impianku dengan teman baikku waktu itu. Bulan madu ke perancis dan eropa..hahaha.. mimpi selalu yang indah indah. Lalu setelah menikah nanti, hidup kami akan dihiasi lembar lembar dakwah (yang sesungguhnya) dengan anak anak kecil lucu yang selalu dapat menghilangkan susah dalam keletihan setiap harinya.

Ternyata, yang namanya mimpi tak selalu harus menjadi nyata. Karena itulah manusia selalu diharapkan dapat mengusahakan yang terbaik bagi hidupnya. Akhirnya aku menikah dengan orang yang sholeh (insya Allah), walau ternyata bukan aktivis seperti teman- teman di SMA dulu. Mampu menjadi imam, baik, sayang, pengertian dan semuanya. Tak ada yang kuharapkan lebih dari dirinya. Walau terkadang beban rindu menjadi aktivis terus mendera hatiku, aku rindu ketika masa SMA dulu, tak pernah sehari pun kami melewatkan diskusi panjang tentang Islam, tentang Palestine, atau tentang cita cita kami dewasa nanti. Ikut training minimal sebulan sekali, berangkat pagi pulang sore, hanya untuk ngurus proposal atau untuk ikut majelis dakwah.

Terkadang ketika mengingat masa masa itu, tak terasa air mata menggenang di sudut mataku. Betapa inginnya aku merasakan hal itu lagi..

Tapi Allah pasti memberi yang terbaik bagi hamba- Nya, ya kan?

Tak pernah aku menyesal menikah di usia yang masih muda ini, melahirkan di usia muda dan mengasuh anak sambil meneruskan study. Tak pernah menyesal pula aku menikah dengan suamiku, karena sedemikian pengertiannya dia terhadapku, sedemikian besar dukungannya terhadap studyku dan sedemikian sayangnya dia terhadapku dan buah hati kami.
Aku percaya, Allah memberikan yang terbaik bagi kami, bagi aku khususnya. Aku tak pernah meminta lebih..hanya meminta yang terbaik..terbaik..itu saja sudah jauh lebih cukup..

Untuk teman temanku seperjuangan..
Maaf, aku ga bisa dateng.. bukan karena aku tak mau.
Aku ingin sekali dateng..
tapi aku ga bisa.. maaf..

hujan

Aku merindukanmu hujan, agar turun di hatiku
Membasahi relung jiwaku
Yang meranggas, panas
Karena sinar matahari tak jua meredup

Aku membutuhkanmu hujan
Karena tanaman cinta dalam batinku mulai layu
Dan bunga sukmaku mulai mengering

Aku ingin kau hadir segera hujan
Agar nantinya dapat
Kulihat pelangi dalam hatiku
Memberikan warna dan ceria yang baru
Agar tak ada lagi duka dalam wajahku
Agar sirna sudah keluh kesahku

Datanglah hujan
Karena saat melihatmu aku merasa nyaman
Karena mendengar tetesmu aku merasa tenang
Karena mencium aromamu kurasakan kedamaian
Dan saat kusentuh dirimu
Sejuk menyusupi seluruh ragaku

Hujan ..
Peluklah diriku
Agar sesak di dadaku sirna
Agar lepas semua beban jiwa
Agar tak ada lagi tangis yang tersisa..

Sabtu, 10 Januari 2009

sorry..

maaf ya blog..
bukan maksud hati meninggalkan atau melupakanmu..
tapi gimana donk?
aku lagi seneng senengnya face book..

Selasa, 06 Januari 2009

sebellll

Duh.. ga kebayang.. ternyata, ngerjain soal soal ikatan kimia taon lalu bikin kepala rasanya mau pecah..
padahal Cuma 4 soal.. ya emang sih ada a and b nya.

Tapi ga kebayang tuh jawabannya sama sekali...
Bisa- bisanya tuh kakak tingkat pada lulus... atau lolos aja kali ya? Soalnya sebagian besar emang pada nyerah kalo ditanyain soal ikatan..

Ni udah ngeluarin kitab padahal... mulai dari kimia modern... kimia kuantum... bukunya atkins...
Tapi ga bisa ngerjain barang se soal pun..
malah bingung soalnya mbahas bab yang mana..

duh mana katanya besok ujiannya close, lagi... gimana jadinya nilaiku coba??
Patah areng udahan... ga ada motivasi lagi.

Sekarang malah semangat ngelanjutin baca tetraloginya LP..
Biarlah besok mau jadi apa nilaiku... entar sore kalo ada ilham, aku belajar lagi...
Hehehehe.......